Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Tanam 32.000 Pohon

07 June 2018, Editor Anovianti Muharti

dok. PLN
facebook
10
twitter
google+
0
linkedin
0

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, PLN melaksanakan penanaman pohon yang dilaksanakan di wilayah operasional PLN dari Sabang sampai Merauke pada Selasa (05/06/2018). Program aksi ini menargetkan sebanyak 32.000 pohon ditanam oleh 32 unit kerja PLN se-Indonesia.

Untuk di Jakarta, lokasi yang melaksanakan penanaman pohon ada di Kampung Iklim, Lenteng Agung, Jakarta Selatan; Bantaran Sungai Ciliwung, Tebet, Jakarta Selatan; dan RPTRA Bambu Kuning, Palmerah, Jakarta Barat. Adapun masing-masing lokasi menanam sebanyak 1.000 pohon.

Direktur Human Capital Management PLN Muhammad Ali menyatakan, bahwa aksi program penanamam pohon ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab PLN terhadap penyelamatan lingkungan.

“PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tentu harus bertanggungjawab melestarikan lingkungan sekitar. Program penanaman pohon ini dilakukan secara berkala oleh seluruh unit di PLN. Semoga program ini juga dapat menunjang unit-unit PLN dalam peraihan PROPER dari KLHK sehingga dapat mempertahankan gelar PROPER Hijau dan bahkan memotivasi untuk memperoleh PROPER Emas,” tutur Alipln.co.id.

Ali juga berharap agar warga Keluruhan Kota Bambu dapat menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut dan dapat memanfaatkan tanaman lainnya untuk ditanam di lingkungan sekitar.

“Saya harap, bantuan 1.000 pohon ini bisa hidup. Karena disamping memberikan pohon, kita juga memberikan bantuan biaya perawatan agar pohon ini bisa hidup. Di Kelurahan Kota Bambu ini, posisinya sangat padat maka nanti perlu diberikan bantuan tanaman hidroponik agar bisa bermanfaat bagi keluarga tersebut yang ditempati. Kalau tidak dijual, minimal untuk dikonsumsi sendiri,” katanya.

Program penanaman pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming. Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kecamatan Palmerah Bambang Suyatna mengatakan, bahwa setelah bantuan dari PLN ini warga perlu terus komit untuk melestarikan 1.000 pohon tersebut demi lingkungan yang lebih hijau.

“Dengan kehadiran PLN, kami ucapkan terimakasih. Mudah-mudahan setelah nanti sumbangan pohon akan jadi stimulan bagi Kecamatan Palmerah. Inilah bentuk kepedulian PLN dalam menciptakan lingkungan sejuk di wilayah padat. Dalam kesempatan baik ini, akan difokuskan di RW 09, akan dibuatkan tatakan dari baja ringan. Kami berpesan kepada warga, begitu sudah dibantu PLN, ayo sama2 kita jaga, kita rawat, kita siram. Jangan hanya senang dikasih, tapi rasa memilikinya tidak ada,” ujarnya.

Untuk jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran. Lokasi penanaman pohon ini fokus pada wilayah sekitar PLN dan lokasi masyarakat umum, seperti pesisir laut, sempadan sungai, lahan gundul, dan lainnya.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon sebesar Rp 4,64 Milyar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

Sebagai informasi, total target penanaman pohon yang dilaksanakan unit PLN se-Indonesia pada 2018 adalah sebanyak 56.000 pohon dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Komentar

Artikel Lainnya ×
 
 
 
 
 

Berangkatkan 3.000 Orang, Jumlah Peserta Mudik Gratis PGN Melonjak 33%

MigasReview, Jakarta - Animo masyarakat untuk mengikuti program Mudik Bersama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengalami lonjakan yang signifikan tahun ini. Program yang rutin digelar PGN tersebut, tahun ini diikuti 3.000 orang peserta, meningkat 33,63%…