Menteri ESDM: Ada yang Salah Jika Proses Bisnis Berjalan Tahunan

18 May 2017, Editor Anovianti Muharti

dok. Oppie Muharti | MigasReview.com
dok. Oppie Muharti | MigasReview.com
facebook
10
twitter
google+
0
linkedin
1
MigasReview, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berkomitmen, untuk mempercepat proses perizinan kegiatan industri hulu migas nasional. Dia menyatakan, sebagai industri yang mengelola komoditas yang harganya sulit diprediksi, kecepatan proses bisnis menjadi sangat penting.
“Kalau proses bisnis berjalan tahunan, saya kira ada yang salah. Kami berkomitmen untuk bisa melakukan banyak hal yang lebih cepat,” ujarnya, ketika membuka The 41st Indonesia Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition 2017, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (17/05/2017).
Lebih lanjut Jonan mengatakan, baik pemerintah maupun pelaku industri tidak dapat mengelola harga. Oleh sebab itu, yang dapat dilakukan adalah memastikan tata kelola industri yang baik, termasuk dengan melakukan berbagai efisiensi dan menghilangkan hambatan berusaha, sehingga proses bisnis berjalan cepat.
Dia mencontohkan, proyek gas Masela sebagai gambaran bagaimana lambatnya proses bisnis di sektor migas. Meski sudah berproses selama hampir satu dekade, sampai saat ini proses produksi belum kunjung terealisasi.
“Mungkin first oil atau first gas ketika saya sudah pikun nanti,” ujarnya.
Menteri ESDM juga mendorong SKK Migas untuk ikut mendorong percepatan proses bisnis dan meminimalisir segala hambatan berusaha. 
“SKK Migas harus bekerja lebih cepat. Jika ada yang bisa saya lakukan sebagai menteri, segera sampaikan,” katanya.
Masih terkait dengan gas, Jonan mengatakan selama ini perusahaan migas kesulitan menjual gas ke pasar domestik sehingga ekspor menjadi pilihan. Dia mengatakan, hal tersebut tak akan terjadi lagi karena pemerintah mempercepat pembangunan pembangkit listrik di berbagai pelosok, sehingga pasokan gas akan terserap.
Sehubungan dengan lesunya industri migas nasional, Menteri ESDM mengatakan, pemerintah memang tidak menjadikan sektor ini sebagai penghasil devisa semata, melainkan juga sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi melalui efek domino yang dihasilkan.

Komentar

Artikel Lainnya ×
 
 
 
 
 

Laporan Capaian Sub Sektor Ketenagalistrikan Triwulan II Tahun 2017

migas review MigasReview, Jakarta - Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Andy Noorsaman Sommeng, didampingi Direksi PT PLN (Persero) melakukan konferensi Pers terkait Capaian Kinerja PT PLN (Persero) hingga Triwulan…