Pertamina EP Bangun Museum Migas Tiga Dimensi Pertama di Indonesia

05 February 2018, Editor Anovianti Muharti

Oppie Muharti | MigasReview.com
Oppie Muharti | MigasReview.com
facebook
10
twitter
google+
0
linkedin
0

PT Pertamina EP membangun museum tentang minyak dan gas dengan konsep tiga dimensi (3D) satu-satunya di Indonesia. Museum yang dibangun di atas lahan 4.000 meter persegi di Komplek Pertamina EP Asset II, unit bisnis Pertamina EP, di Prabumulih, Sumatera Selatan.

“Saat ini pengerjaannya mencapai 80%. Insya Allah museum migas 3D Pertamina EP ini diresmikan Maret 2018 dan terbuka untuk umum,” ujar Manajer Humas PT Pertamina EP Muhammad Baron di Jakarta, Senin (05/02/2018).

Menurut Baron, museum migas 3D yang dibangun Pertamina EP merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) perusahaan di bidang pendidikan. Keberadaan museum ini diharapkan menjadi pusat pendidikan (education centre) sehingga masyarakat luas dapat memperoleh pengetahuan yang tepat terkait kegiatan hulu migas, mulai dari sejarah migas, proses kerja hingga, siapa saja yang terlibat dalam proses pencarian migas bagi kepentingan bangsa dan negara.

“Kami ingin menciptakan lokasi wisata, tidak hanya untuk rekreasi tetapi juga media pengetahuan agar masyarakat umum mengetahui apa yang kami kerjakan demi  memenuhi kebutuhan energi nasional,” ujar Baron.

General Manager Pertamina EP Asset II  Ekariza menambahkan,  museum migas 3D  di Pertamina EP Asset 2 berisi diorama pengeboran migas dan lukisan tiga dimensi bertema migas. Museum ini dilengkapi learning center, kafe dan fasilitas outbound.

“Ini adalah museum migas 3D satu-satunya di Indonesia dan Sumatera Selatan,” katanya.

Menurut Ekariza, proses pengerjaan museum migas 3D hampir tuntas. Nantinya museum tersebut menjadi destinasi wisata hiburan di Kota Prabumulih.

“Ide ini sudah lama tapi baru terlaksana sekarang. Dengan adanya museum migas 3D, menjadi edukasi bagi para pelajar dan masyarakat umum di Prabumulih dan Sumsel,” katanya.

Walikota Prabumulih Ridho Yaya menyambut positif kehadiran museum migas 3D. Dia berharap museum ini dapat dimanfaatkan bagi generasi muda di kota tersebut. Apalagi, pemerintah pusat telah menetapkan Kota Prabumulih sebagai kota percontohan gas nasional. Sekarang Kota Prabumulih satu-satunya mempunyai museum migas 3D di Indonesia.

“Ini sungguh luar biasa apa yang dilakukan Pertamina. Nantinya bisa jadi destinasi wisata bagi masyarakat Prabumulih dan Sumsel, bahkan untuk masyarakat Indonesia,” katanya.

Komentar

Artikel Lainnya ×
 
 
 
 
 

PGN Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Krukut

migas review Sebagai bentuk komitmen PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menyalurkan energi baik kepada masyarakat, perusahaan turut menyalurkan bantuan untuk warga yang menjadi korban kebakaran di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat. "PGN turut berduka atas…